Jumlah pengguna internet sendiri mencapai 132,7 juta dari 256,5 juta total penduduk Indonesia. Media sosial yang paling sering dikunjungi adalah Facebook, Instagram, dan Twitter.
Demikian hasil survei hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Intenet Indonesia (APJII) yang dirilis 25 Oktober 2016.
Mayoritas pengguna internet berusia 25-29 dan 35-39 tahun dan mayoritas berprofesi karyawan swasta sebanyak 23,8 juta jiwa, diikuti wirausaha kecil (20 juta), mahasiswa (18 juta), dan pekerja toko (1,5juta).
Mayoritas pengguna internet berusia 25-29 dan 35-39 tahun dan mayoritas berprofesi karyawan swasta sebanyak 23,8 juta jiwa, diikuti wirausaha kecil (20 juta), mahasiswa (18 juta), dan pekerja toko (1,5juta).
Mayoritas pengguna internet di Indonesia menggunakan perangkat mobile. Persentase internet mobile mencapai 69,9% dengan jumlah 92,8 juta pengguna.
Alasan utama pengguna internet di Indonesia peringkat tertinggi adalah untuk "update informasi" dengan total pengguna mencapai 31,3 juta, diikuti "terkait pekerjaan" (27,6 juta), untuk mengisi waktu luang (17,9 juta), sosialisasi (13,6 juta), 12,2 juta untuk pendidikan, 11,7 juta untuk hiburan, dan 10,4 juta untuk berbisnis berdagang dan mencari barang.
Dari sisi konten, 43,5 juta (34,4%) pengguna membuka toko online.
Hasil survei APJII juga menunjukkan media sosial yang paling sering dikunjungi adalah Facebook dengan jumlah pengguna 71,6 juta atau 54%, diikuti Instagram (19,9 juta pengguna/15%) dan Twitter sebanyak 14,5 juta pengguna (11%).
Konten internet yang paling banyak dicari adalah berita aktual, seiring alasan utama tertunggi untuk update informasi.
Akses konten berita mencapai 96,4% dengan jumlah pengakses 127,9 juta jiwa. Pengakses konten pendidikan berjumlah 124,4 juta jiwa (93,8 persen).
Konten hiburan yang sering dikunjungi adalah film online dengan persentase 41% atau 54,4juta jiwa. Kedua adalah konten musik online dengan persentase 35,5% atau 46,9 juta jiwa.
Konten hiburan yang sering dikunjungi adalah film online dengan persentase 41% atau 54,4juta jiwa. Kedua adalah konten musik online dengan persentase 35,5% atau 46,9 juta jiwa.
Konten favorit berikutnya adalah konten menonton olahraga dengan persentase 12,3 persen atau 16,3 juta jiwa.
Masih menurut hasil survei APJII, Internet Browser yang paling banyak digunakan adalah Google Chrome dengan total pengguna 81,8 juta jiwa. Mozilla Firefox ada di posisi kedua dengan jumlah pengguna 43,6 juta dan Internet Explorer (IE) paling sedikit, yakni hanya 5 juta pengguna.
Pelaku pengguna internet yang mengetahui bahwa internet sebagai tempat jual beli barang dan jasa berjumlah 130,8 juta jiwa dan yang pernah melakukan transaksi online ada 84,2 juta jiwa.
Masih menurut hasil survei APJII, Internet Browser yang paling banyak digunakan adalah Google Chrome dengan total pengguna 81,8 juta jiwa. Mozilla Firefox ada di posisi kedua dengan jumlah pengguna 43,6 juta dan Internet Explorer (IE) paling sedikit, yakni hanya 5 juta pengguna.
Arti Data Pengguna Internet bagi Blogger
Data survei di atas tentu sangat berguna bagi para blogger. Setidaknya, para blogger harus menyesuaikan konten dan desainnya blognya menurut hasil survei tadi.
Dengan demikian, blog kita harus update terus, menggunakan template responsive (mobile-friendly), tampil bagus di Google Chrome dan Firefox, serta Fast Loading --karena mayoritas pengguna menggunakan perangkat mobile (HP).
Anda bisa mengganti template blog yang tidak sesuai dengan tuntutan pengguna dengan salah satu Template Blog SEO Friendly Koleksi CB.
Good Luck & Happy Blogging! (www.contohblog.com).*